RMI PBNU Berkolaborasi dengan Amazon Web Service untuk Cetak Jagoan Digital dari Santri

Dalam rangka mewujudkan daya saing santri dalam bidang teknologi, RMI PBNU sebagai Lembaga Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang menaungi pesantren NU bekerjasama dengan Amazon Web Service (AWS). AWS merupakan layanan berbasis Cloud Computing yang disediakan oleh Perusahaan Amazon.com. Kerjasama ini berbentuk pelatihan bagi 20 pesantren terpilih dan telah dilatih langsung oleh para ahli dari AWS. “Program Laptop for Builders kerjasama Amazon Web Services dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyah ini akan membekali para santri tentang keterampilan keterampilan baru yang dibutuhkan pada saat ini, seperti cloud computing dan complex problem solving skil,” ujar Program Manager Laptop for Builders RMI PBNU Hatim Gazali, kepada wartawan, Minggu (11/7/2021).

Ketua RMI PBNU KH. Abdul Ghaffar Rozin alias Gus Rozin mengungkap program ini telah berjalan sejak bulan Desember 2020 dan diikuti total 100 santri yakni 20 Master Trainer dan 4 Teachers dari masing masing 20 pesantren peserta. Para santri peserta dari program ini difasilitasi masing masing 1 laptop sebagai media belajar. Laptop yang diserahkan ke peserta merupakan program Laptop For Builders dari AWS. Gus Rozin juga mengatakan santri yang mengikuti program pelatihan ini telah mengenal dasar dasar dari teknologi cloud computing, pembuatan website, database, publikasi ilmu ilmu agama dan kajian melalui website serta dikembangkan dengan pembuatan start up terutama yang berkaitan dengan dunia kepesantrenan.

"Untuk menghadapi berbagai tantangan pesantren harus melakukan adaptasi dan mengambil berbagai inovasi dalam pengembangan teknologi," kata Gus Rozin dalam sambutan Kick Kompetisi Santri 4.0. Sementara itu, Gunawan Santoso selaku Country Manager AWS Indonesia mengatakan pihaknya dan RMI akan mengadakan Kompetisi Santri 4.0 dengan tema 'Dari Santri untuk Pesantren dan Umat Islam'. Melalui kompetisi ini, kata Gunawan, para santri akan membuat proposal proyek untuk pengembangan pesantren dan umat Islam melalui pemanfaatan teknologi pada Amazon Web Service.

Harapannya dari kompetisi ini santri dapat membuat aplikasi atau sistem yang nantinya berguna bagi dunia Pesantren dan Umat Islam. “Dengan besarnya potensi santri yang ada, kami harapkan akan muncul lebih banyak lagi jagoan teknologi, digital dan cloud dari Pondok Pesantren. Dan kerjasama strategis dengan RMI yang menaungi lebih dari 23.000 pondok pesantren memungkinkan kita dapat berkontribusi untuk menciptakan talenta masa depan,” kata Gunawan Susanto. Adapun Kick off Kompetisi ini akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 Juli 2021 pukul 12.30 melalui Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh KH. Abdul Ghaffar Rozin selaku Ketua RMI PBNU dan Bapak Gunawan Santoso selaku Country Manager AWS Indonesia dan diikuti oleh seluruh Master Trainers, Teachers dan terbuka untuk santri umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.