Potensi Main Mata AC Milan dengan Atalanta untuk Bikin Mimpi Juventus ke Liga Champions Ambyar

Menebak potensi AC Milan dan Atalanta main mata untuk membuat mimpi Juventus ke Liga Champions musim depan hancur berantakan. Juventus tak bisa bersantai meski baru saja meraih titel juara Coppa Italia, mengingat perjuangan mereka di Liga Italia belum tuntas. Cristiano Ronaldo dkk masih harus berjibaku dengan Napoli dan AC Milan dalam perebutan slot Liga Champions.

Sekadar informasi, AC Milan, Napoli dan Juventus sedang berebut dua slot tersisa tampil di Liga Champions. Saat ini, AC Milan duduk di posisi tiga klasemen Liga Italia 2020/2021 dengan 76 poin, Napoli (76) dan Juventus (75). Jika melihat koleksi poin dan calon lawan, Napoli kemungkinan besar sudah memesan satu tempat.

Sebab, di laga terakhir Il Partenopei –julukan Napoli– hanya bertemu Hellas Verona yang menempati posisi 10 klasemen Liga Italia. Sedangkan Juventus akan melakoni laga tandang menghadapi Bologna pada giornata 38 Serie A. Namun catatan saja, kemenangan tak langsung menggaransi Bianconeri untuk bisa merangsek ke posisi empat besar.

Sebab, Juventus harus melihat hasil akhir laga AC Milan dan Napoli. AC Milan akan bertandang ke Bergamo untuk melawan Atalanta. Jika AC Milan dan Napoli kompak meraih kemenangan, maka tiga poin yang dihasilkan Juventus dapat dikatakan mubazir. Lantas bagaimana dengan skenario adanya peluang main mata antara AC Milan dengan Atalanta?

Potensi tersebut terbuka lebar, mengingat La Dea julukan Atalanta baru saja menuai kekalahan atas Bianconeri di partai final Coppa Italia 2021. Main mata antara Atalanta dengan AC Milan bisa saja terjadi untuk balas denndam kepada Juventus. Main mata dalam artian ini ialah mengizinkan AC Milan meraih kemenangan.

Sebagai catatan saja, La Dea bersama Inter Milan sudah memastikan tiket manggung di kompetisi elite benua biru musim depan. Sehingga, kekalahan atas AC Milan tak terlalu berpengaruh kepada pencapaian anak asuh Gian Piero Gasperini tersebut. Jika Atalanta mengizinkan AC Milan meraih kemenangan, maka Rossoneri akan membukukan 79 poin dan berhak menduduki tangga kedua.

La Dea harus rela turun epringkat ke tangga empat dnega jumlah poin 78. Napoli yang meraih tiga poin atas Hellas Veorna akan membukukan 79 poin dan berhak atas tangga ketiga. Sedangkan Juventus yang mengalahkan Bologna akan memiliki perolehan poin dengan Atalanta.

Tentu menjadi pertanyaan, mengapa Atalanta yang lebih berhak ke Liga Champions ketimbang Juventus melihat perolehan poin yang sama? Jawabannya ialah terletak pada head to head. Liga Italia menganut sistem head to head untuk menentukan posisi tim papan klasemen.

Beda halnya dengan Liga Inggris yang mengutamakan rassio gol. Musim ini di ajang Liga Italia, Juventus tak pernah mengalahkan Atalanta dalam dua pertandingan. Rinciannya ialah Atalanta menang sekali dan imbang sekali kala bentrok dengan tim asal Kota Turin itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.