Gondol 4 Mobil Rental, Ibu Rumah Tangga di Bekasi Diciduk Polisi, Ini Modus yang Digunakan Pelaku

Seorang wanita 31 tahun berinisial WA harus berurusan dengan pihak kepolisian. Ibu rumah tangga asal Kota Bekasi, Jawa Barat ini dilaporkan setelah nekat menggondol mobil rental. WA diketahui sudah membawa kabur empat unit mobil rental.

Ia kemudian mengandaikan barang curian untuk mendapatkan uang. Dirangkum dari , penangkapan WA berawal dari pelaporan korban bernama Novita Indahyani. Kemudian, pelaku berhasil diciduk saat berada di Kabupaten Subang.

Kapolsek Bekasi Kota, Kompol Armayni mengatakan, awalnya pelaku menyewa mobil milik korban pada 22 Mei 2021 dengan tarif Rp 320.000 per hari. "Pelaku menyewa mobil ke korban untuk jangka waktu satu hari, diberikanlah kunci beserta STNK nya," jelas Armayni, Kamis (19/8/2021). Hingga masa peminjaman habis, pelaku tak kunjung mengembalikan mobil.

Korban lantas berusaha menghubungi dan disepakati sewa kendaraan diperpanjang. "Lalu diperpanjang, uang sewa ditransfer oleh korban. Tapi hal itu tidak berlangsung lama, korban lagi lagi tidak mengembalikan mobil padahal waktu sewa sudah habis," ungkapnya. Pada 16 Juni 2021, korban dan pelaku bertemu untuk membicarakan kesepakatan sewa kendaraan dalam jangka waktu 15 hari dengan jatuh tempo 30 Juni 2021.

"Pada saat bertemu itu kendaraan tidak dibawa, tapi mereka sepakat perpanjang sewa dengan membuat surat perjanjian," terangnya. Setelah batas waktu yang dijanjikan, uang sewa tak kunjung dikirim serta kendaraan belum juga dikembalikan. Pelaku di hadapan polisi sudah beraksi sebanyak empat kali.

Sedangkan modusnya selalu sama, yakni menyewa mobil rental kemudian digadaikan. "Tersangka mengaku melakukan perbuatannya bukan sekali, hasil keterangan pelaku mendapatkan ada empat kendaraan dengan modus sama," kata Armayni, dikutip dari . Dia menyebutkan, barang bukti yang berhasil didapat diantaranya, satu unit mobil Toyota Calya Nomer Polisi B 2872 KOW warna silver.

Satu Unit mobil Toyota Avanza nomor Polisi B 2788 KOJ warna putih tahun 2019, satu unit mobil Daihstu Sigra B 2017 KOL warna siliver metalik tahun 2019. Serta satu unit mobil Toyota Calya, nomor Polisi D 1407 UAU wana abu abu metalik tahun 2018 dan satu buah BPKB kendaraan. "Modusnya pelaku ini menyewa ke korban, lalu kendaraan tidak dikembalikan sesuai batas waktu tetapi malah digadaikan," terang dia.

Usai menggondol mobil rental, tersangka kemudian menggadaikannya. Mobil dihargai Rp 25.000.000. "Tersangka ini menggadaikan kendaraan yang dia sewa ke orang, uangnya dia gunakan untuk keperluan pribadi dan alasan ingin melahirkan karena pada saat itu posisi pelaku ini sedang mengandung," ucap Kapolsek Bekasi Kota, dikutip dari .

Tersangka dikenakan pasal 378 KUHPidana dan atau Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama empat tahun penjara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.