4 Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Membel Kaolin Clay

Sebelum membeli clay dari kaolin clay, cermati dahulu empat hal berikut. Tujuannya agar Anda mendapat clay berkualitas dan sesuai dengan standar produk yang akan dibuat. 

Kualitas produk

Kualitas produk adalah hal utama yang harus dicermati. Di Indonesia, produk utama tambang kaolin berupa kaolin bubuk, pasta, dan padat. Masing-masing memiliki karakteristik khas yang sesuai dengan industri tertentu.

Sebelum membeli, pastikan bentuk kaolin sesuai dengan karakteristik produk industri Anda. Pastikan pula kaolin yang diproduksi dan dipasarkan supplier sesuai standar SNI. Karena kualitas ini akan mempengaruhi produk industri Anda nantinya.

Kualitas pengemasan

Bahan tambang mineral seperti clay harus melewati proses panjang sebelum dapat digunakan sebagai bahan industri. Pengemasan produk juga harus benar agar kualitasnya tetap terjaga hingga ke tangan pembeli.

Untuk mengemas kaolin, dibutuhkan wadah kemas dua lapis yang terbuat dari serat polypropylene. Asalannya karena bahan ini yang paling aman dan tidak mengontaminasi clay. Serta tersedia dalam berbagai ukuran. 

Proses pengiriman

Cari tahu, apakah supplier tersebut memiliki sarana transportasi memadai untuk mengangkut kaolin dari pertambangan? Bagaimana dengan pengiriman ke lokasi pembeli? Apakah mereka memiliki kereta langsir, armada pesawat atau kapal sebagai pendukung  transportasi?

Apapun metode pengiriman mereka, pastikan memenuhi standar pengangkutan di Indonesia. Pastikan pula kaolin yang diangkut terjaga kualitasnya. Tidak terjadi kebocoran kemasarn, kerusakan, atau penurunan kualitas. 

Jangan lupa memperhitungkan ongkos angkut pembelian. Apalagi jika supplier memakai jasa pihak ketiga dalam pengiriman kaolin ke tempat pembeli.

Portofolio pabrik dan supplier

Walaupun banyak ditambang di Cina dan Eropa, nyatanya kaolin clay juga terdapat di Indonesia. Terutama Provinsi Bangka Belitung. Tepatnya di Danau Biru Kaolin yang indah. 

Kaolin yang dihasilkan, selain dipengaruhi oleh kondisi alam, juga tergantung teknologi dan pengalaman pabrik. Pabrik penghasil kaolin yang berkualitas harus memiliki teknologi penambangan dan pemrosesan yang berstandar internasional.

Selain itu, cermati pula kemampuan kaolin clay supplier Indonesia tersebut dalam memenuhi permintaan pasar. Baik industri besar maupun industri kecil atau rumah tangga. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.