3 Tips Minum Sirup Gula dan Jenis-Jenisnya

Salah satu bahan pemanis yang bisa kita gunakan secara praktis ialah sirup gula. Soalnya, sirup gula cocok untuk dijadikan campuran berbagai bahan makanan, mulai dari topping pada pancake, sampai campuran aneka es, seperti es buah, es teler, es campur, dan lain sebagainya. Ketika kita memiliki sirup gula, kita pun bisa secara mudah menyimpannya di kulkas. Jadi ketika dibutuhkan, kita bisa langsung mengambil dan menuangkannya. Namun, tahukah Kamu bahwa ternyata, sirup maupun air gula juga memiliki ketentuan dalam konsumsinya loh. Berikut ini penjelasannya!

1. Perhatikan perbedaan antara minuman manis dan minuman gula

Mungkin, masih banyak yang beranggapan bahwa jus buah, minuman berenergi, maupun minuman bervitamin memiliki kesamaan dengan air gula. Padahal, fakta ini tidaklah tepat karena air gula dan minuman manis lainnya memiliki perbedaan. Minuman manis pada umumnya memiliki kandungan tambahan seperti pewarna maupun kafein.

Sementara itu, minuman berenergi juga memiliki harga yang cenderung menengah, berbeda halnya dengan sirup gula yang bisa kita buat sendiri.

2. Ada waktu-waktu terbaik mengkonsumsi sirup gula

Jadi, ada waktu-waktu tertentu yang bisa kamu perhatikan ketika kamu ingin mengonsumsi sirup gula yang sudah dicampurkan dengan air. Soalnya, kamu harus memperhatikan asupan karbohidrat yang ada pada diri kamu. Sebagai contoh, kamu bisa mengonsumsi air gula ketika berolahraga maupun setelah selesai melakukan aktivitas ini. Begitu pula dengan aktivitas yang intensitasnya tinggi seperti hiking dan bersepeda.

3. Konsumsi air gula secara wajar

Seberapapun besarnya dampak positif sebuah makanan atau minuman bagi kesehatan kita, sesuatu yang berlebihan tidak akan pernah baik. Maka dari itu, kita sebaiknya tidak mengonsumsi air gula lebih dari 2 sendok teh per gelas. Hal ini penting agar kita tidak memiliki kadar gula dalam darah yang berlebih.

 

Nah, untuk sirup gula sendiri sebenarnya bukan hanya bisa dibuat dari gula pasir, tetapi juga dikreasikan dengan jenis sirup gula lainnya seperti maple syrup maupun fructose syrup. Kemudian, ada juga corn syrup yang memiliki tekstur kental.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.